Jadwal Verifikasi Lapangan AMI 2017 Siklus 2 Tahap 2 (S2 dan S1 Lam PTKes) dapat diunduh pada Bagian Unduhan - Pusat Monevin
STATIK WEB
Online : 2 Users
Total Hits : 273714 Hits
Hari Ini : 96
Kemarin : 107
Bulan Ini : 2868
Tahun Ini : 44609
Total : 138658

In-House Training ISO 9001: 2015 Foundation a Quality Management System (Sabtu, 7 Oktober 2017)


Post on 07 October 2017

 

Pelatihan Dasar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015

 

Sebuah sistem manajemen organisasi yang dirancang baik dan dilaksanakan secara efektif tidak akan menambah birokrasi organisasi namun akan mampu memastikan bahwa kegiatan dalam organisasi tersebut akan terkoordinasi dengan baik dan akan mampu mengarahkan serta mengendalikan organisasi sehingga dapat memberikan kepuasan pelanggan dan secara berkelanjutan meningkatkan produk , jasa dan proses layanannya. Dalam rangka meningkatkan mutu layanan Universitas Lambung Mangkurat kepada stake holder serta persiapan menuju Akreditasi Unggul untuk Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 2018, Lembaga Penjamin Mutu Universitas Lambung Mangkurat (LPM-ULM) mengadakan In-House Training ISO 9001: 2015 Foundation a Quality Management System  (Pelatihan Dasar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015).  Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Oktober 2017 ini  dihadiri oleh seluruh Dekan dan Wakil Dekan bidang Akademik di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat, Ketua Lembaga dan Ketua Program Studi serta Unit Penjamin Mutu di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat.  Kegiatan ini dilaksanakan dengan narasumber/Trainer Bapak Wasis Swo Leksono dari SAI Global Indonesia, Jakarta, yang merupakan lembaga sertifikasi ISO bereputasi di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat penting berkaitan dengan rencana percepatan re-akreditasi Institusi Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 2018. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada dasarnya mirip dengan akreditasi BAN PT, namun dengan standar yang lebih tinggi, sehingga jika semua unit kerja di universitas mengadaptasi standar ISO 9001: 2015 maka target memperoleh hasil akreditas A (Unggul) untuk program studi dan institusi bagi Universitas Lambung Mangkurat akan lebih mudah diraih. Kegiatan ini juga sejalan dengan target ULM untuk menjadi Badan Layanan Umum (BLU) pada tahun 2018.

 

Selain itu, dalam sambutannya, Ketua LPM-ULM, Prof. Dr. Ahsin Rifa’i mengungkapkan bahwa saat ini pencapaian ULM sebenarnya sudah cukup baik. Jumlah program studi yang memperoleh akreditasi A (Unggul) meningkat drastis sejak tahun 2015, yaitu sebelas program studi. Pencapaian dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat telah memperoleh peringkat Utama dan Sangat Baik, dan bahkan menjadi satun-satunya universitas di Kalimantan yang mampu meraih predikat tersebut. Pada tahun-tahun mendatang diharapkan ULM tetap mampu mempertahankan predikat tersebut serta  mampu meningkatkan lagi sehingga dapat mencapai kategori/predikat Mandiri dan Unggul.