Jadwal Verifikasi Lapangan AMI 2017 Siklus 2 Tahap 2 (S2 dan S1 Lam PTKes) dapat diunduh pada Bagian Unduhan - Pusat Monevin
Login
Username :
Password :
STATIK WEB
Online : 1 User
Total Hits : 273706 Hits
Hari Ini : 88
Kemarin : 107
Bulan Ini : 2860
Tahun Ini : 44601
Total : 138650

In House Training Audit Mutu Internal (AMI) Universitas Lambung Mangkurat, Tanggal 28 s/d 29 Juli 2017


Post on 28 July 2017

Peraturan Pemerintah No 62 tahun 2016 mewajibkan setiap penyelenggara pendidikan tinggi melaksanakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan melalui Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti). Proses Penjaminan Mutu tersebut dilaksanakan melalui SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) melalui Audit Internal oleh Perguruan Tinggi masing-masing dan SPME (Sistem Penjaminan Mutu Eksternal) melalui proses akreditasi oleh BAN PT atau LAM (Lembaga Akreditasi Mandiri). Berdasarkan amanah Permen No 62 tahun 2016 tersebut, secara reguler setiap tahun Universitas Lambung Mangkurat melalui Lembaga Penjamin Mutu (LPM) melaksanakan audit internal terhadap seluruh program studi  yang ada untuk menjamin tetap terjaganya mutu pendidikan yang dilaksanakan di lingkungan ULM.

 

 

Dalam rangka untuk memastikan keberhasilan dan keberlanjutan AMI (Audit Mutu Internal) di semua program studi di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat, LPM ULM melaksanakan rekruitmen auditor internal ULM serta pelatihan auditor internal bagi dosen yang memenuhi persyaratan dan lolos desk evaluation sebagai calon auditor internal. Untuk memastikan mutu auditor internal yang akan diterjunkan dalam proses AMI yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2016 yang akan datang, maka setiap calon auditor harus memperoleh sertifikat resmi sebagai auditor internal melalui proses pelatihan dan sertifikasi.

 

Pada tanggal 28-29 juli 2017, LPM ULM melaksanakan In House Training Audit Mutu Internal (AMI) sebagai rangkaian acara persiapan audit internal di lingkungan ULM yang dilaksanakan di Aula Magister Manajemen ULM. Pelatihan dan sertifikasi auditor internal ini diikuti oleh 23 dosen yang berasal dari berbagai program studi di ULM dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Hartutik, M.P dan Dr. Bambang Dwi Prasetyo, S.Sos, M.Si dari Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya, Malang.  Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor 1 ULM Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri dan Ketua LPM ULM Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa’i.

 

Materi pelatihan meliputi Pre-test dan Psikotest bagi calon auditor internal, Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Perguruan Tinggi, Kompetensi dan Etika Auditor, Teknis Instrumen Latihan Audit Internal, Latihan Desk Evaluation Audit Internal menggunakan Sample Document, Simulasi Visitasi Audit Internal dengan Mengunjungi Auditee, serta Diskusi Hasil Latihan Audit Internal dan Post-test.  Bagi calon auditor baru yang nantinya dinyatakan lolos dan memperoleh sertifikat sebagai auditor internal ULM, selanjutnya harus mengikuti acara lanjutan berupa Penyegaran dan Penyamaan Persepsi Instrument Audit yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2017 bersama dengan auditor lama yang sudah tersertifikasi. Pada tahun 2017 ini pelaksanaan audit mutu internal akan mulai menggunakan sistem baru yaitu secara on-line (daring).

 

Dalam pesannnya, Wakil Rektor 1 ULM menyatakan bahwa LPM dan auditor internal adalah ujung tombak peningkatan mutu pendidikan di ULM sehingga beban yang tidak ringan ada di pundak para peserta yang akan menjadi auditor atau pejuang mutu di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat menuju akreditasi instutusi A. (Soen/LPM)